Home / Profil Prodi Hukum Ekonomi Syariah

Profil Prodi Hukum Ekonomi Syariah

SEJARAH PROGRAM STUDI HUKUM EKONOMI SYARIAH (MUAMALAH)

Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) adalah salah satu Program Studi yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah UIN Antasari. Pada awal dibukanya tahun 1984, Program Studi ini bernama Program Studi Pidana Perdata Islam. Pada tahun 1988, Program Studi Pidana Perdata Islam berubah nama menjadi Program Studi Muamalat Jinayat. Tahun 1995,  dengan keluarnya SK. Menteri Agama No.27 Tahun 1995 Tentang Kurikulum Nasional Program Studi S1. IAIN Antasari, Muamalat Jinayat ini berubah nama menjadi Program Studi Muamalat. Selanjutnya sejak diberlakukannya kurikulum 2010 Program Studi ini secara inklusif lebih fokus kepada nama Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah). Saat ini Program Studi telah terakreditasi B

Visi

Menjadi Program Studi yang Mampu Menghasilkan Sarjana Hukum yang Berakhlak dan Unggul di Bidang Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) pada Tingkat Nasional Tahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan kependidikan dan pengajaran dalam bidang hukum ekonomi syariah (muamalah) yang terintegrasi dengan kebangsaan, berbasis karakter dan kearifan lokal serta berwawasan global;
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian yang relevan dan bermanfaat dibidang ilmu hukum ekonomi syariah (muamalah) dengan berbagai peran secara unggul, berkarakter dan profesional sesuai dengan perkembangan hukum di masyarakat serta berdampak positif pada kelestarian alam;
  3. Melaksanakan dan mengembangkan pola pengabdian kepada masyarakat yang relavan sebagai penerapan hukum ekonomi syariah (muamalah) dengan berbagai peran yang unggul, berkarakter dan profesional.
  4. Melaksanakan kepercayaan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional;
  5. Melaksanakan tata kelola berdasarkan manajemen modern dalam rangka mencapai kepuasan civitas akademika dan stakehorders.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana hukum (lulusan) dalam bidang hukum ekonomi syariah (muamalah) yang berakhlak , unggul, dan profesional.
  2. Menghasilkan sarjana hukum yang berakhlak , unggul, dan profesional dalam melaksanakan dan mengembangkan penelitian yang relevan  dan bermanfaat dibidang ilmu hukum ekonomi syariah (muamalah) dengan berbagai peran sesuai dengan perkembangan hukum di masyarakat serta berdampak positif pada kelestarian alam.
  3. Menghasilkan sarjana hukum yang berakhlak, unggul, dan profesional dalam menerapkan hukum ekonomi syariah (muamalah) di masyarakat dengan berbagai peran.
  4. Melaksanakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.
  5. Menghasilkan tata kelola berdasarkan manajemen modern dalam rangka mencapai kepuasan civitas akademika dan stakeholders.

 PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) yang diinginkan ialah Sarjana Hukum bidang Ekonomi Syariah yang kokoh aqidahnya, mendalam spiritualnya, luas ilmunya dan profesional dalam  mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan pribadi maupun  masyarakat.

Profil Lulusan Utama

  1. Hakim, Panitera, di pengadilan Agama
  2. Konsultan Hukum Ekonomi Syariah & Legal Officer di perusahan
  3. Tenaga ahli pada Dewan Syariah Nasional dan Dewan Pengawas Syariah
  4. ASN / PNS di lembaga pemerintahan
  5. Praktisi Lembaga Keuangan Syariah baik perbankan syariah maupun non perbankan syariah, seperti, takaful, pasar modal syariah, pegadaian syariah, Badan Amil Zakat, Lembaga Amil Zakat dan lain-lain.
  6. Tenaga ahli penyuluh masyarakat di bidang penerapan syariah di Kementerian Agama.
  7. Guru Fikih
  8. Praktisi hukum ekonomi syariah
  9. Peneliti di bidang hukum ekonomi syariah
  10. Dosen, dengan melanjutkan ke jenjang S2 (sekarang sudah ada S2 Hukum Ekonomi Syariah di UIN Antasari)
  11. Notaris / PPAT , dengan melanjutkan ke jenjang S2 Magister Kenotariatan (sekarang sudah ada di Universitas Lain di Kota Banjarmasin)

Profil Lulusan Tambahan

  1. Tenaga kerja pada perbankan syariah, pegadaian syariah dan lembaga keuangan syariah lainnya,
  2. Tenaga Kerja di Kantor Notaris , Advokat dan lembaga Hukum Lainnya
  3. Pelaku dan konsultan pada pasar modal syariah
  4. Konsultan pada asuransi syariah
  5. Pengusaha .

 

LINK TERKAIT PRODI HUKUM EKONOMI SYARIAH
NO KEGIATAN LINK
1 Tracer Study Alumni Hukum Ekonomi Syariah UIN Antasari Https://Goo.Gl/Forms/Rmpcudnglthitjhh2
2 Pendaftaran Ujian Komprehensif Mahasiswa HES Https://Goo.Gl/Forms/Vchseq27xbd1pnxs2
3 Penetapan Waktu Seminar Proposal Mahasiswa Https://Goo.Gl/Forms/Lyzt3ocb76q5jfij2
4 Pemahaman Survey Dosen  Terhadap Visi Misi HES Https://Goo.Gl/Forms/H993unnajbnvdkvy1
5 Pemahaman Survey  Tenaga  Kependidkan Terhadap Visi Misi HES Https://Goo.Gl/Forms/9o9jq1wwtsxtxsxw2
6 Pemahaman Survey  Tenaga  Alumni Terhadap Visi Misi HES Https://Goo.Gl/Forms/Kt5qhssiphrtlbi03
7 Pemahaman Survey  Mahasiswa Terhadap Visi Misi HES Https://Goo.Gl/Forms/Tqum3lwm0bdgyql13
8 Pemahaman Survey  Pengguna  Terhadap Visi Misi HES Https://Goo.Gl/Forms/Qwvhivrnxs4qsyrq1
9 Survey Penilaian Kepuasan Pengguna Terhadap Alumni Https://Goo.Gl/Forms/Xnrrlwbsv4p6mdib2

 

Translate »